Perjalanan Investasi (1)

Aku akan melanjutkan cerita perjalanan investasiku.

INVESTASI

5/24/20231 min read

a newspaper with a picture of a man on it
a newspaper with a picture of a man on it

Hi readers,

Part sebelumnya aku sudah bercerita awal mula investasi. Kali ini aku akan melanjutkan cerita perjalanan investasiku. Aku mau mengingatkan bahwa investasi yang terbaik adalah investasi kepada dirimu sendiri seperti ikut seminar, kelas, pelatihan, baca buku, dll. Sama seperti ceritaku di part sebelumnya. Aku mencari sebanyak banyaknya informasi mengenai instrumen investasi adalah salah satu contoh aku investasi diri sendiri, kemudian aku mulai penerapan hasilnya.

Aku tidak menelan bulat-bulat rekomendasi beli saham A, B, C. Aku terima informasi saran tersebut dan dianalisa apakah benar saham tersebut baik untuk diinvestasikan jangka panjang. Indikatornya adalah laporan keuangan, produk yang dijual, dividen yang diberikan, bergerak disektor apa, dll. Namanya kondisi, tidak ada yang tahu pasti kapan dia naik dan turun. Hal yang bisa kita lakukan adalah antisipasi dengan memilih perusahaan yang tahan lama menghadapi angin topan, badai, tsunami hehe.

Aku memulai investasi leher keatas, lanjut ke reksadana, lalu ke saham. Hasil informasi yang didapat aku cuap cuapkan ke orang sekitarku dan sekarang mereka mencari informasinya sendiri dan sudah memulai investasi. Aku turut senang. Aku memang belum begitu jago, makanya aku hanya memberikan pengetahuan yang amat sangat dasar. Aku akan bercerita mengenai saham dulu ya disini.

Apa keuntungan beli saham?

  1. Menjadi salah satu pemilik perusahaan

  2. Bisa ikut RUPS yang biasanya akan dapat goodie bag isi prosuk usaha mereka

  3. Capital gain - keuntungan atas selisih antara harga beli dan jual (harga beli<harga jual)

  4. Dividen - bagi hasil atas laba tahunan

Apa resiko beli saham?

  1. Capital loss - kerugian atas selisih antara harga beli dan jual (harga beli>harga jual)

  2. Perusahaanya bisa bangkrut

Bagaimana cara belinya?

Kalian bisa beli di perusahaan sekuritas, ada banyak sekali yang beredar dan sudah legal. Aku menyarankan sekuritas yang bisa bertransaksi di aplikasi agar memudahkan kalian. Nominal minimum transaksi di pasar saham adalah 1 lot=100 lembar saham. Lalu carilah perusahaan yang kamu yakini untuk diinvestasikan. Btw, 1 lot saham tidak berjuta juta kok hehe bisa dicari aja 'harga saham ABC'.

Sekian dulu ceritaku, kalau mau tanya suatu hal boleh di kolom komen bawah ya :)

Terimakasih sudah mampir dan membaca.